Menu

Wednesday 21 September 2016

Tips Tersembunyi Adobe Photoshop


Dalam penggunaan Adobe Photoshop dari berbagai versi, sebenarnya tidak jauh berbeda antara versi satu dengan yang lainnya. Hanya saja jika kita amati lagi perbedaan dari semua versi yang ada, tentu sudah dapat dipastikan bahwa semakin baru versi yang telah ada, maka semakin banyak pula fitur-fitur yang tersedia. Namun pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi info mengenai bagaimana cara menggunakan cara cepat ketika anda sedang bekerja dangan Adobe Photoshop. Karena jika anda menggunakan cara dan tips dari kami kali ini, mungkin pekerjaan anda yang tentunya sangat berkaitan dengan Adobe Photoshop untuk editor foto, desain grafis, ataupun yang lainnya, itu semua akan terselesaikan dengan cepat dan mudah. Bahkan dengan cara ini anda akan lebih dapat menghemat waktu daripada sebelum anda menggunakan cara ini. Untuk lebih lanjutnya mengenal hal ini, silahkan anda baca artikel kami kali ini yaitu tentang Tips Tersembunyi Adobe Photoshop.


Berikut ini adalah beberapa tips tersembunyi yang mungkin bisa anda andalkan ketika anda menggunakan Adobe Photoshop.


Teknik Crop Jitu

Mungkin teknik Crop adalah salah satu teknik yang dimana anda sangat ataupun agak membencinya, memang teknik crop ini terbilang sangatlah sulit dan membutuhkan kegigihan yang super exstrem. Dengan teknik crop inilah seorang desainer akan memotong sebuah objek, entah itu berupa foto ataupun gambar grafis. Dalam memotong gambar inilah yang dimana dibutuhkan ketelitian untuk menciptakan hasil karya yang maksimal. Ada beberapa tool yang dapat anda gunakan untuk memotong gambar, namun dari banyaknya tool yang ada, anda bisa menggunakan salah satu tool yang dimana nantinya dapat anda andalkan nantinya. Untuk lebih lanjutnya mengenai hal ini, silahkan anda pelajari artikel  kami sebelumnya yakni tentang Cara Cepat Memotong atau Crop Gambar Dengan Rapi.


Teknik Penggunaan Scroll Mouse



Dalam teknik photohsop sendiri, salah satu perangkat pembantu yang sangat begitu penting guna untuk mengolah desain anda dalam photoshop adalah pada control mouse. Membicarakan tentnag control mouse, tentu anda sudah tahu apa itu yang namanya scroll down dan scroll up. Kedua control tersebut akan sangat berguna bilamana anda mengetahui fungsinya secara luas, karena sebenarnya fungsi dari kedua control tersebut bukan hanya untuk menggeser keatas ataupun kebawah, namun juga untuk control lainnya yang tentu akan sangat berguna untuk anda sebagai seorang photoshoper.

Dibawah ini adalah beberapa control lanjutan yang ada pada scroll down dan scroll up :
  • Scroll Down/UP+Ctrl, jika anda mengombinasikan kedua control tersebut secara bersamaan, maka yang terjadi adalah anda dapat menggeser kesamping kiri ataupun kanan layar utama photoshop anda dengan cepat dan sangat mudah.
  • Scroll Down/Up+Shift, Jika anda menggunakan kombinasi ini, anda akan dapat menggeser layar kerja utama pada photoshop anda dengan kecepatan scroll yang tinggi. Anda juga dapat mengkombinasikan dengan kombinasi berikut Scroll Down/Up+Shift+Ctrl ataupun Scroll Down/Up+Shift+Alt
  • Scroll Down/Up+Alt, Ketika anda menggunakan kombinasi ini, maka anda sudah tdak perlu lagi repot-repot menggunakan Zoom tool pada menu, karena dengan menggunakan kombinasi ini anda dapat Zoom In dan Zoom Out dengan sangat mudah. Jika anda Scroll UP+ALT, maka secara otomatis layar kinerja anda akan Zoom In dengan sendirinya, dan jika anda ingin Zoom Out, maka anda tinggal membalikkan  arah scroll anda menjadi Scroll Down+ALT.




Teknik Text Tool



Banyak orang ataupun photoshoper awam mengeluh dengan pengolahan teks pada photoshop, yang dimana meraka kesulitan menggunakannya, dan memilih software desain lain untuk mengerjakan tugas yang satu ini. Sebenarnya untuk mengolah teks dalam photohsop itu sendiri tidak lah sulit, dengan munggunakan cara cara dibawah ini, mungkin bagi anda yang masih kesulitan akan menjadi lebih terbantu guna menambah ilmu pengetahuan seputar Adobe Photoshop.

Berikut ini adalah beberapa teknik pengolahan kata yang sangat berguna untuk anda :
  • Click+Drop, ketika anda meunggunakan control ini, maka anda akan dapat menggunakan text tool photoshop sebagai pembuatan teks pada majalah, brochure dan lain-lain. Intinya yaitu, pada teknik ini anda akan menjumpai beberapa effek penataan kata yang lebih rapid dan mudah untuk dibaca. Cara menggunakan teknik ini yaitu anda tinggal Pilih menu Text Tool, lalu Klik dan tahan, sambil anda tahan klik anda tersebut, selanjutnya anda geser mouse anda sesuai dengan kebutuhan, lalu lepaskan klik anda. Ketika anda sudah melepaskannya maka aka nada tapilan seperti gambar dibawah ini.


  • Ketika sudah muncul seperti gambar diatas, lalu anda mengetikkan suatu teks didalam kotak, maka teks tidak akan keluar dari kotak yang sudah anda buat tersebut. Dengan teknik seperti inilah, maka anda akan dapat membuat suatu teks paragraf menjadi lebih rapih dan mudah difahami oleh pembaca, selain labih mudah difahami, cara ini juga dapat mempercepat kinerja anda dalam membuat teks paragraph.
  • Text+Ctrl, Untuk anda yang masih awam akan photoshop, tentu anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk menentukan sebuah ukuran pada teks yang anda buat. Namun ketika anda sudah tahu akan teknik ini, yakni menggunakan kombinasi tombol Ctrl, maka anda akan menemukan cara cepat untuk membuat ukuran teks yang anda buat tersebut. Untuk menggunakan cara ini, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.
  • Untuk mempraktekkan teknik ini, sebenarnya sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Sebagai contohnya kami akan menggunakan kalimat berikut sebagai bahan pembelajaran, “Mental PC, Free Software and Science Article”, ketika anda sudah mengetikan kata tersebut, silahkan anda tekan dan tahan tombol CTRL, maka disaat itu juga tampilan text akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini.


  • Ketika sudah seperti gambar diatas, anda harus tetap menekan tombol CTRL lalu Klik baigan pojok pada teks seperti gambar dibawah ini.
  • Setelah anda Klik, anda tinggal menggeser mouse dan menentukan besarnya sesuai selera anda.
  • Namun dalam hal ini anda bisa menambahkan tombol SHIFT agar perbandingan antara panjang dan lebar teks tetap sama, dan untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dbawah ini.
  • Jika anda sudah selesai menetukan ukuran, selanjutnya tekan CTRL+ALT+ENTER



Teknik Transform


Teknik transform merupakan sebuah teknik sederhana yang dapat anda lakukan ketika anda sedang berkolaborasi dengan Adobe Photoshop di berbagai versi yang telah ada. Teknik transform sendiri biasanya banyak dimanfaatkan sebagai pengubah bentuk ukuran objek secara keseluruhan maupun secara khusus, entah objek tersebut berupa teks maupun grafis. 

Cara menggunakan teknik ini pun sebenarnya bisa terbilang sangat mudah. Karena anda dapat melakukannya dengan mengikuto peringtah berikut ini :

  • Pertama pilihlah tool dengan icon seperti ini,  ataupun yang seperti ini, 
  • Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah hanya menekan Klik Kanan pada layer yang anda
    inginkan lalu pilih Free Transform, setelah anda pilih menu tersebut, lalu anda akan menjumpai tampilan berikut ini.

  • Ketika tampilan sudah seperti gambar diatas, maka anda tinggal Klik bagian pojok seperti gambar dibawah ini, alu tariklah pointernya dengan cara menggeser mouse anda.

  • Agar perbandingan ukuran panjang dan lebar tetap sama, anda bisa menambahkan tombol SHIFT disaat menggeser pointer.

Tidak sampai disitu saja, ada tips lain yang mungkin akan sangat berguna untuk anda, yakni pada Free Transform sendiri memiliki menu tersendiri. Menu tersebut dapat anda buka dengan cara Klik Kanan pada layer yang inginkan, lalu pilih Free Transform, setelah itu Klik Kanan kembali disaat Free Transform masih aktif.

Pada menu tersebut terdapat beberapa menu penting, namun tidak semua menu mempunyai peranan yang sama, hanya beberapa saja yang perlu anda ketahui.
Adapun beberapa menu yang perlu anda ketahui adalah:

  • Scale
    Scale berfungsi sebagai pengubah ukuran pada objek layer.
  • Rotate
    Rotate berfungsi untuk memutar objek layer.
  • Skew
    Skew berfungsi untuk memiringkan objek dibagian sisi kanan dan kiri.
  • Distort
    Distort berfungsi untuk merubah bentuk objek dari segi sisi sudutnya.
  • Perspective
    Berfungsi untuk menyesuaikan perspective atau pandangan.
  • Warp
    Warp berfungsi untuk merubah objek dari segi keseluruhan, entah itu garis keliling, luas, sudut, dan lain-lain.
Dan untuk menu-menu yang lain seperti menu Rotate clockwise, flip horizontal, dan lain-lain, tentunya anda bisa mempelajarinya secara otodidack.


Tombol Shortcut Tool Menu



Tips jitu selanjutnya yang tentunya sangat bermanfaat untuk anda yakni penggunaan Shortcut Tool Menu pada keyboard. Dengan menggunakan shortcut keyboard tentunya anda akan dapat menyelesaikan pekerjaan anda dengan cepat dan tidak memerlukan waktu yang banyak. Untuk lebih lanjutnya tentang shortcut keyboar, silahkan anda pelajari artikel kami sebelumnya, yakni tentang Kontrol Cerdas Adobe Photoshop.


Membuka Paket Vector Photoshop



Tidak bisa dipungkiri bahwasanya Adobe Photoshop merupakan sebuah software yang memiliki fungsi ganda. Yang dimana software ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti editor foto, Desain 3D, dan tidak terkecuali yaitu Desain Grafis. Hal ini dapat dibuktikan dengan menu-menu yang telah tersedia didalam Adobe Photoshop sendiri.
Dan yang lebih mengejutlan lagi yaitu Adobe Photoshop sebenarnya telah menydiakan banyak sekali Icon Vector bertaraf International. Untuk membuka semua vector tersebut anda bisa mengikuti cara dan langkah-langkahnya melalui artikel kami sebelumnya yakni tentang Cara Membuka Paket VectorPhotoshop.


Penataan Workspace yang Tepat

Bagi anda yang sudah familiar dengan photoshop sebagai sarana pengeditan foto ataupun anda gunakan sebagai desain grafis, pasti anda mengerti betul akan penataan Workspace yang sesuai dengan lembar kerja anda. Karena jika Workspace dalam lembar kerja anda tidak sesuai standar ataupun tidak sesuai dengan karakter anda, maka ini juga akan menyebaban kinerja anda sebagai desainer akan menurun dari segi kecekatan. Dan pada artikel kami kali inilah, kami akan menyajikan kepeda anda yaitu sebuah artikel yang berisi tentang tips untuk menata Workspace yang standar photoshop maupun standar desainer. Untuk lebih lanjutnya silahkan anda pelajari melalui artikel kami sebelumnya yang tentang Tips Menata Workspace Photoshop.

Itulah sedikit tips dan trik yang dapat kami bagikan kali ini semoga apa yang dapat kami tulis ini dapat bermanfaat bagi semua dimanapun anda berada. Jangan lewatkan untuk terus berkunjung di Mental PC, karena masih banyak sekali tips dan trik menarik dan tentunya bermanfaat.
Mohon maaf bila ada kesalahan dari sisi apapun, karena memang masih banyak sekali kesalahan yang ada pada artikel-artikel Mental PC yang perlu untuk selalu dibenahi. Karena itu jangan lupa juga untuk memberikan sebuah komentar yang berisikan kritik dan sarannya, guna untuk menunjuang kualitas blog ini untuk menjadi website yang berkualitas, dan tak lupa Mental PC mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan anda.


1 comment:

Terima kasih anda sudah mengunjungi blog saya, bila ada kendala ataupun kritik dan saran, silahkan isikan dikolom komentar.