Menu

Sunday 17 April 2016

Hal yang diperhatikan Sebelum Menjadi Desainer



Sebelum Anda menjadi seorang desainer ada beberapar hal yang harus Anda ketahui, karena untuk menjadi desainer profesional itu tidaklah mudah. Namun ketika Anda mempunyai keinginan untuk menjadi desain profesional, sebenarnya Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk sekolah di jurusan desainer. Akan tetapi untuk menjadi desainer Anda bisa menggunakan cara otodidak dan tidak harus mempunyai guru yang handal, namun akan lebih baiknya jika
Anda mempunyai serang guru yang handal dan sekolah dengan fasilitas yang memadai. Karena jika kita menginginkan hasil yang baik, maka kita juga harus berani mengeluarkan banyak biaya untuk menunjang pembelajaran. Pada artikel kali in saya akan membahas beberapa informasi penting untuk Anda yang ingin menjadi desainer.
Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda menjadi seorang dasainer profesional:

Mempelajari Seni Rupa
Mempelajari seni rupa merupakan hal yang sangat penting sebelum Anda belajar mendesain grafis, karena jika Anda tidak mengetahui ilmu seni rupa dan hanya mengandalkan skill dari program desain Anda saja, maka yang terjadi adalah ketika Anda membuat suatu desain grafis disitu Anda tidak akan bisa membuat sebuah desain yang sempurna, dan dapat dikatakan Anda hanya membuat desain secara asal-asalan saja. Karena desain grafis akan terlihat sempurna ketika sang desainer memadukan kemampuan imajinasi dari seni rupa yang telah dipelajari dengan ilmu-ilmu didalam desain grafis. Oleh arena itu jika Anda ingin mahir dalam desain grafis hendaknya Anda juga mempelajari seni rupa, karena didalam seni rupa terdapat ilmu dalam membentuk objek, memadukan dua warna atau lebih, membuat warna agar terlihat menjadi hidup dan masih banyak sekali teknik-teknik dalam seni rupa yang harus Anda pelajari.

Ahli Dalam Berbagai Software Desain Grafis



Hal yang tak kalah pentingnya dari mempelajari seni rupa, dalam desain grafis menguasai lebih dari dua software desain grafis merupakan hal yang sangat ditekankan ketika Anda ingin menjadi seorang desainer profesional. Untuk menjadi ahli dalam beberapa software desain grafis itu tidaklah gampang, karena biasanya ketika seseorang terbiasa dengan salah satu software, biasannya mereka tidak akan bisa ataupun sulit untuk mempelajari ataupun berpindah ke software yang lainnya. Alasan inilah penyebab dari sulitnya mempelajari benyak software dalam desain grafis. Jika seorang desainer bekerja dalam suatu perusahaan ataupun percetakan, pasti tidak bisa dipungkiri bahwa mereka mempunyai kemampuan ganda dalam pengoperasian software desain grafis. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ini karena disaat pelanggan memberikan file mentah dari desain pribadi mereka, biasanya mereka membawa format file yang berbeda beda mulai dari *crx, *psd, *ai dan lain-lain.

Ahli Dalam Membaca Selera Client/Pelanggan



Memaca selera pelanggan merupakan salah satu dari beberapa rangkaian hal penting ketika Anda menjadi seorang desainer profesional. Karena ketika seorang desainer profesional membuat suatu desain untuk pelanggannya, maka dia harus membaca selera dari pelanggannya. Jika seorang desainer tidak bisa membaca selera dari pelanggan, maka ini adalah sebua ancaman besar untuk sang desainer tersebut. Mengapa demikian? Karena jika anda tidak bisa membaca selera pelanggannya, sebagus apapun desain yang anda buat akan tetapi pelanggan tidak menyukainya, maka ini akan mempersulit Anda sebagai seorang desainer untuk memuaskan pelanggannya. Lebih gawat lagi jika pelanggan merasa kecewa dengan hasil kerja Anda, dan menyebarkan image yang tidak baik terhadap perusahaan Anda. Maka dari itu pelajarilah cara membaca selera masyarakat dalam hal desain grafis, karena ini sangatlah penting ketika Anda ingin menjadi seorang desainer profesional.

Pelajarilah Ilmu Tanda Baca dan Susunan Kata



Jika Anda sudah menguasau ilmu tanda baca dan susunan kata dengan baik dan benar maka hal ini dapat memberi dampak yang sangat baik untuk Anda sebagai desainer. Karena jika seorang desainer kurang menguasai atau bahkan tidak mengeuasai ilmu yang satu ini maka akan dapat dipastikan dia akan megalami kesulitan dalam mencari kata dan tanda baca yang sesuai dalam penyampaian pesan dalam desainnya tersebut. Biasanya ini digunakan ketika Anda membuat mendesain sebuah Undangan, Poster, Brosur, Kalender dan lain-lain. Maka dari itu ilmu tanda baca dan susunan kata dalam suatu bahasa sangatlah mempengaruhi kualitas desain Anda, karena suatu desain tidak bisa dikatakan bagus ketika desain tersebut tidak dapat menyalurkan informasi dengan jelas.



        Itulah beberapa Hal yang diperhatikan Sebelum Menjadi Desainer. Terima kasih anda sudah mengunjungi blog saya di Mental PC, dan semoga apa yang dapat saya bagikan ini dapat membantu anda dalam bagaimana cara menjaga kesehatan anda. Jangan lewatkan untuk mengisi kolom komentar anda dengan segala pertanyaan ataupun anda ingin memberikan Kritik dan Saran yang bersifat membangun, karena dengan keritik dan saran tersebut, itulah yang akan membuat blog saya menjadi blog yang semakin hari semakin membaik tentunya. Dan saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan kata, ejaan, tanda baca, dan lain-lain. Jangan lupa untuk membaca artikel saya yang lainnya, karena masih banyak sekali info, tips, dan trik mengenai informasi seputar teknologi informasi dimasa kini.

4 comments:

  1. Makasih atas tipsnya. Bermanfaat sekali kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, Terima kasih atas perhatian anda untuk tetap berkunjung di blog kami.

      Delete
  2. terima kasih sudah diingatkan kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama guys!, tapi Jika ada hal yang kurang berkenan kami minta maaf yang sebesar-besarnya.

      Terima kasih atas kunjungannya, baca artikel yang lainnya ya?!

      Delete

Terima kasih anda sudah mengunjungi blog saya, bila ada kendala ataupun kritik dan saran, silahkan isikan dikolom komentar.