Menu

Wednesday 13 July 2016

Cara Mengatasi Warna Kusam pada CorelDRAW



Banyak orang mengeluh terhadap  kurang sesuainya warna yang ada pada CorelDRAW, yang mengakibatkan desain menjadi kurang bagus dan tidak seperti yang diharapkan. Kurang sesuainya warna pada CorelDRAW biasanya dapat dilihat dari segi kecerahan pada masing-masing warna yang ada, yang dimana memiliki warna kusam dan kurang menarik. Hal ini disebabkan karena setting bawaan dari CorelDRAW yang pada dasarnya tersetting profil warna Japanese ataupun input negara lainnya.
Karena itulah setiap kali kita memilih warna yang kita inginkan disitu pasti ada ketidakcocokan warna, hal ini bias kita amati dengan membandingkan standar warna merah CorelDRAW dengan standar warna merah pada Adobe Photoshop. Cara menyetingnya-pun sebenarnya tidak sulit dan cukup sangat mudah untuk anda lakukan, anda dapat mengikuti langkah-langkahnya melalui petunjuk kami dibawah ini.


Untuk menyesuikan warna pada CorelDRAW yaitu dengan cara mengatur configurasi warna standar pada CorelDRAW. Berikut adalah cara men-configurasi kecocokan warna pada CorelDRAW:


  • Pertama bukalah software CorelDRAW, lalu buatlah lembar kerja baru dengan cara Klik File>>New>>OK
  • Setelah itu anda setting dengan cara Klik Tool>>Color Management>>Default Setting

  • Setelah muncul tampilan berikut, sekarang silahkan anda rubah settingannya menjadi seperti gambar dibawah ini.


  • Setelah itu anda buka Document Setting dengan cara anda Klik Tool>>Color Management>>Document Setting

  • Lalu aturlah/Settinglah seperti gambar dibawah ini

  • Seteleh anda setting seperti gambar diatas, selanjutnya tinggal anda Klik OK
  • Untuk membedakannya mungkin anda bisa membandingkan warna yang dihasilkan sebelum dan setelah anda setting.


Gambar diatas menunjujukkan betapa besarnya perbedaan warna yang dihasilkan ketika warna sudah terkonfigurasi dengan baik.

Dan itulah mungkin yang dapat kami bagikan kali ini, semoga apa yang dapat kami bagikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua terkhusus yang sedang mendalami ilmu komputer.Dan kami memohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan kata, ejaan, tanda baca, dan lain-lain. Jangan lewatkan untuk mengisi kolom komentar anda dengan segala pertanyaan ataupun anda ingin memberikan Kritik dan Saran yang bersifat membangun, karena dengan kritik dan saran tersebut, itulah yang akan membuat blog kami menjadi blog yang semakin hari semakin membaik tentunya. 

13 comments:

  1. Wah bermanfaat banget. Thanks ilmunya sya aplikasiin dlu

    ReplyDelete
  2. Di x7 saya di presets ko ga ada pilihan custom ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Versi X7 settingannya berbeda, mungkin dalam waktu dekat ini artikel akan saya update lagi mengenai cara di CorelDRAW versi X7

      Delete
  3. settingan ini apakah sama untuk settingan cetak ofset

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Versi X7 settingannya berbeda, mungkin dalam waktu dekat ini artikel akan saya update lagi mengenai cara di CorelDRAW versi X7

      Delete
    2. Om setting color management X7 or X8 ada ga?

      Delete
    3. Untuk sementara ini kami belum membuat artikelnya, mungkin untuk waktu kedepannya kami akan update artikel ini mengenai cara setting Corel X7 dan X8

      Terima Kasih.

      Delete
  4. Bukannya ini jadi RGB ... Sedangkan intuk cetak kan harusnya cmyk ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bro..
      kalau di PC format warna yg cerah itu kan emg RGB, sedangkan mesin cetak format warnane CMYK..
      jadi kalau dicetak hasile tetep kusam (CMYK) kayake..

      Delete
    2. Untuk kekurang sempurnaan ataupun ketidak sesuaiannya, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Namun saya kira untuk hasil cetak yang tetep kusam biasanya bisa diatasi oleh petugas dari percetakan sendiri. Dan sayangnya mayoritas petugas percetakan ada yang belum faham akan hal ini, dan kami dari Mental PC hanya memberikan tips untuk anda yang sangat familiar dengan CorelDRAW.

      Sekali lagi kami mohon maaf, mungkin dilain waktu kami akan berikan layanan lebih baik lagi.

      Terima kasih atas Kritik dan Saran dari anda semua.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. kalo versi coreldraw 12, carana bagan mana gan ? ? ?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang versi 12 mungkin tidak jauh berbeda dengan settingan diatas gan, karena mungkin juga hanya tampilannya yang berbeda. Coba agan otak atik terlebih dahulu, jika memang belum ketemu caranya, mungkin di artikel selanjutnya kami akan liput.

      Terima kasih.

      Delete

Terima kasih anda sudah mengunjungi blog saya, bila ada kendala ataupun kritik dan saran, silahkan isikan dikolom komentar.