Menu

Thursday 22 September 2016

Cara Mempercepat Startup Komputer Windows



Tidak selamanya ketika suatu gejala error tejadi pada system komputer itu adalah akibat dari systemnya yang error, bisa jadi hal tersebut karena kelalaian pengguna yang dimana kurangya perawatan terhadap system komputer tersebut yang mengkibatkan terjadinya error. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit tips mengenai trouble yang dimana hal ini sangat sering dalami oleh para pengguna komputer, hal ini tak lain adalah lambatnya startup komputer disaat mulai menyalakan hingga pada logon desktop. Biasanya hal ini bisa terjadi karena banyaknya aplikasi yang berjalan secara otomatis diasaat system baru menyala. Jika hal tersebut terus berlanjut pada komputer anda, maka dapat kami pastikan suatu saat system tidak akan bisa masuk logon sama sekali, sekalipun proses loading sedang berjalan disaat logon. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada komputer anda, silahkan anda pelajari artikel kami kali ini yakni tentang Cara Mempercepat Startup Komputer Windows.



Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mempercepat kinerja startup system Windows pada komputer :

Disable Beberapa Startup Software



Untuk pengguna Windows 7

  • Pertama tekan tombol Win+R
  • Setalah itu ketikan perintah msconfig untuk membuka System Configuration

  • Setelah jendela System Configuration terbuka, selanjutnya anda buka tab Startup

  • Setelah itu hilangkan beberapa centang pada software yang tidak anda perlukan disaat startup
  • (Dalam hal ini anda harus berhati-hati, jangan sampai anda menghilangkan centang pada software driver, karena software driver sendiri sangatlah penting untuk terbuka secara otomatis disaat startup)
  • Setelah beberapa sudah anda hilangkan centangnya, selanjutnya Klik OK, lalu Restart-lah system komputer anda.
Untuk anda pengguna Windows 8/Windows 10

  • Pertama Tekan CTRL+SHIFT+ESC untuk membuka Task Manager
  • Setelah anda buka Task Manager, sekarang anda buka bagian tab Startup

  • Sampai disini anda tinggal merubah status software dari yang awalnya Enable menjadi Disable
  • Setelah beberapa sudah anda seleksi dan sudah anda disable, selanjutnya anda tinggal me-Restart komputer anda.

Setelah anda me-Restart computernya, silahkan anda bandingkan dengan sebelum dan sesudah anda mencoba tips diatas.
Itulah sedikit tips yang mungkin dapat kami sampaikan pada artikel kali ini, semoga apa yang dapat kami bagiakan dapat bermanfaat untuk anda semua. Jangan lewatkan untuk Klik follow dan berikan kritik dan saran anda melalui kolom komentar yang telah tersedia.Terima kasih anda telah berkunjung di blog Mental PC, tetap baca artikel Mental PC yang lainnya, karena masih banyak sekali tips dan trik seputar dunia komputer yang mungkin masih belum anda ketahui.


2 comments:

  1. hardis memory rodo meh arep rusak ki marakke lelet ora

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, Memang ketika harddisk sudah kebanyakan bad sector, otomatis akan membuat kinerja startup lebih lambat, dan terkadang malah proses startup akan terhenti ketika anda sedang berada pada tampilan boot screen.

      Delete

Terima kasih anda sudah mengunjungi blog saya, bila ada kendala ataupun kritik dan saran, silahkan isikan dikolom komentar.