Menu

Monday 19 September 2016

Cara Cepat Memotong atau Crop Gambar Dengan Rapi

Mungkin teknik Crop adalah salah satu teknik yang dimana anda sangat ataupun agak membencinya, memang teknik crop ini terbilang sangatlah sulit dan membutuhkan kegigihan yang super exstrem. Dengan teknik crop inilah seorang desainer akan memotong sebuah objek, entah itu berupa foto ataupun gambar grafis. Dalam memotong gambar inilah yang dimana dibutuhkan ketelitian untuk menciptakan hasil karya yang maksimal. Ada beberapa tool yang dapat anda gunakan untuk memotong gambar, namun dari banyaknya tool yang ada, anda bisa menggunakan salah satu tool yang dimana nantinya dapat anda andalkan nantinya. Untuk lebih lanjutnya mengenai hal ini, silahkan anda pelajari artikel  kami kali ini yakni tentang Cara Cepat Memotong atau Crop Gambar Dengan Rapi.


Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda ikuti agar dalam pemotongan/croping gambar dapat menghasilkan hasil yang maksimal dan rapi.

Gunakan PenTool Untuk Selection



Dari banyaknya menu selection yang digunakan untuk selection/memilih objek, sebenarnya ada menu lain yang sangat lebih mudah untuk anda gunakan dan tentunya menghasilkan hasil yang lebih baik dari menu selection lainnya. Anda dapat menggunakan PenTool, yang dimana dengan pentool ini nantinya anda dapat membuat sebuah selection dengan berbagai macam jenis bentuk, mulai dari objek yang bersifat melingkar ataupun tajam.

Cara penggunaannya sebenarnya cukuplah sangat mudah dan cepat, untuk mempelajarinya, silahkan anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Pertama, Silahkan anda buka gambar yang ingin anda crop
  • Selanjutnya pilihlah menu PenTool yang memiliki icon seperti halnya gambar dibawah ini

  • Untuk membuat sebuah lengkungan, anda tinggal menahan klik pada objek seperti gambar dibawah ini

  • Dan untuk membuat garis lurus anda tidak perlu menahan klik anda, melainkan anda hanya klik biasa saja

  • Dan untuk membuat objek selection seperti gambar dibawah ini, yakni membuat tikungan tegap setelah tikungan lengkung, Tekan Alt lalu Klik baigan tengah seperti yang sudah kami beri tanda seperti gambar dibawah ini

  • Dan setelaha anda klik, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini

  • Ketika anda sudah menguasai fungsi PenTool secara garis besar, maka yang harus anda peajari selanjutnya adalah bagaimana cara menyeleksi objek anda dengan PenTool ini.
Cara Menggunakan PenTool untuk Selection

Untuk menggunakan PenTool untuk selection tool silahkan anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :
  • Silahkan anda buat sebuah selection seperti gambar berikut ini dengan PenTool, bila anda belum tahu akan cara membuatnya silahkan anda ikuti langkah-langkah diatas.
  • Setelah anda selasai membuatnya, sekarang pilih Menu Make Selection untuk merubah Path menjadi selection.

  • Selanjutnya Tekan Ctrl+J untuk menduplicate layer anda
  • Setelah anda berhasil menduplicate, selanjutnya hapuslah layer yang asli, yang biasanya terdapat dibagian bawah layer hasil duplicate.



Dengan menggunakan teknik tersebut, maka dapat kami pastikan hasil dari crop anda akan jauh lebih baik dari sebelunya. Jika anda masih belum terlalu yakin dengan hasilnya, anda bisa perhatikan perbandingan gambar dibawah ini. Yakni perbandingan antara penggunaan Erase Tool dengan PenTool+Duplicate , yang dimana hasil crop yang menggunakan PenTool lebih bagus dan tajam.




Dan itulah beberapa tips yang dapat kami berikan kepada anda, terkhusus bagi anda yang baru saja mendalami ilmu dasain grafis. Tetap semangat dan jangan menyerah untuk tetap terus menambah wawasan anda tentang seputar dunia desain grafis. Semoga apa yang dapat kami bagikan kami ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lewatkan untuk tetap terus kunjungi halaman kami di Mental PC, karena masih ada sejuta artikel terkait tentang tips dan trik menarik lainnya, yang tentunya juga dapat bermanfaat untuk anda semua.
Jangan lupa untuk mengisi kolom komentar dengan berbagai ulasan, dengan begitu anda bisa memberikan kritik, saran, ataupun anda juga dapat memberikan pertanyaan terkait artikel kami diatas jika ada yang belum jelas ataupun yang lainnya.karena dengan kritik dan saran yang berikan tersebut sengatlah bermanfaat guna untuk pengembangan, dan agar Mental PC dapat mencapai kualitas yang lebih baik lagi dari waktu-kewaktu.


2 comments:

  1. sip, tp banyak dimana. apa beda sesudah dan setelah. mhn dibalas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana gan? Maaf, mohon ulangi pertanyaannya dengan lebih jelas.

      Terima kasih.

      Delete

Terima kasih anda sudah mengunjungi blog saya, bila ada kendala ataupun kritik dan saran, silahkan isikan dikolom komentar.