Menu

Tuesday 6 September 2016

Penyebab Utama Bunyi Beep saat Booting


Ketika anda mendapati bunyi beep pada komputer PC maupun laptop yang anda miliki, mungkin anda berfikir bahwa komputer anda tersebut mengalami error pada bagian motherboard. Padahal selain pada motherboard, bunyi beep juga disebabkan oleh beberapa hardware yang lain. Selain pada hardware, kerusakan juga bisa disebabkan dari faktor system operasi pada komputer itu sendiri.  Kadangkala anda juga harus belajar untuk menganalisa error yang terjadi pada komputer anda, karena dengan menganalisa inilah yang nantinya akan sangat berguna untuk langkah awal menemukan jalan permasalahan. Untuk lebih lanjutnya mengenai hal ini, silahkan anda pelajari artikel kami kali ini tentang Penyebab Bunyi Beep saat Booting.

Berikut ini adalah beberapa analisa penyebab dari bunyi beep yang terdenganr ketika awal booting:

Terjadinya Trouble pada RAM



Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika munculnya bunyi beep pada komputer anda disaat awal booting adalah, anda harus memeriksa terlebih dahulu bagian RAM (Random Access Memory). Karena ketika RAM pada komputer error, maka secara otomatis kinerja pada pada motherboard komputer untuk mengolah system inilah yang nantinya akan mengelami error, yang mengakibatkan bunyi beep berbunyi diawal booting. Bahkan ketika system berjalan dikomputer anda, pada saat itu bunyi beep juga akan muncul secara tiba-tiba. Cara mengatasinyapun sebenarnya juga tidak sulit untuk anda lakukan, anda cukup membuka bagian komponen RAM, lalu anda lepas RAM pada komputer anda dan bersihkan ujung kaki RAM yang berwarna keemasan dengan menggosokkan karet penghapus secara perlahan. Setelah anda membersihkan dengan cara menggosok kaki RAM dengan karet penghapus, maka selanjutnya anda tinggal memasangnya kembali seperti halnya sebelum anda bongkar tadinya. Jika cara ini berhasil dan dapat mengatasi masalah bunyi beep, maka bunyi beep tidak akan muncul lagi. Namun jika cara ini belum berhasil mengtasi masalah bunyi beep tersebut, maka silahkan anda coba cara selanjutnya dibawah ini.



Terjadinya Trouble pada Keyboard



Ketika anda sudah memeriksa bagian hardware RAM, namun cara tersebut masih belum dapat mengatasi masalah bunyi beep, kini saatnya anda harus menggunakan cara kedua. Pada cara kedua ini, anda akan memeriksa bagian keyboard pada komputer anda, anda bisa menggunakan software pemeriksa tombol keyboard, atau anda juga dapat menggunakan cara manual dengan cara menekan tombol keyboard satu persatu. Jika anda sudah menemukan tombol yang tdak berfungsi pada keyboard anda, sekarang anda tinggal membersihkan tombol tersebut. Karena bisa jadi ketika tombol keyboard pada komputer anda entah itu berupa laptop ataupun PC, dapat dipastikan tombol tersebut telah terkena kotoran karena pemakaian atapun pada dasarnya memang sudah rusak karena termakan umur. Namun sebelum anda memilih cara terakhir, yakni mengganti keyboard anda dengan keyboard yang baru, akan lebih baiknya jika anda memperbaiki tombol keyboard yang rusak tersebut dengan membersihkan bagian tombol yang rusak tersebut. Dan ketika anda sudah membersihkan bagian keyboard yang error tadi, namun disitu masih tidak ada pengaruh sama sekali, maka anda mengganti keyboard anda dengan keyboard yang baru.

Mungkin untuk saat ini itulah sedikit yang dapat kami bagikan untuk anda semua, semoga apa yang dapat kami bagikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih kami ucapkan kepada Allah SWT karena telah senantiasa membelokkan hati anda semua untuk menyempatkan diri untuk mampir ke Blog kami, yakni di Mental PC. Dan jikalau anda masih bingung ataupun anda ingin memberikan kritik dan saran, kami telah menyediakan kolom komentar untuk menampung komentar anda semua. Mohon maaf atas segala kekurangan yang ada, semoga dengan kritik dan saran dari anda semua dapat menjadikan Mental PC menjadi semakin lebih baik dari waktu-kewaktu.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda sudah mengunjungi blog saya, bila ada kendala ataupun kritik dan saran, silahkan isikan dikolom komentar.