Menu

Tuesday 5 July 2016

Cara Mencari dan Menyusun Imajinasi Dalam Mendesain


Imajinasi tidak semata-mata muncul dalam angan-angan manusia , melainkan imajnasi muncul pada saat-saat tertentu saja, yaitu imajinasi muncul ketika seorang manusia mengalami perasaan susah, senang, suka dan duka yang diluar batas pemikiran mereka sendiri. Perasaan senang yang dimiliki kebanyakan  orang adalah ketika mereka melakukan rekreasi, berkumpul dengan keluarga besar ataupun orang tersayang, dan lain-lain. Dengan kejadian-kejadian tersebut banyak orang bisa memunculkan berbagai imajinasi mereka, terkhusus bagi mereka yang
suka melakukan perjalanan jauh dan sering melihat hal-hal yang baru. Untuk informasi lebih lanjutnya, silahkan anda baca artikel kami dibawah ini Cara Mencari dan Menyusun ImajinasiDalam Mendesain.
Berikut adalah beberapa cara Tips dan trik dalam mencari dan mengolah imajinasi yang datang secara sepontan maupun secara bertahap:


Melihat Hal yang Belum Dilihat Sebelumnya


Dalam mengembangakan kreasi dalam berimajinasi, diperlukan beberapa tahap dan proses untuk menyempurnakannya. Salah satu cara yang dapat anda coba yaitu dengan cara berusahalah menemukan sesutau yang baru anda lihat, entah itu dengan cara berjalan-jalan ketempat-tempat wisata, ataupun yang lainnya. Karena dengan melihat yang belum anda lihat sebelumnya, ini akan memberikan kesan tersendiri untuk fikiran dan hati anda, guna membangkitkan inpirasi dalam diri anda.Lalu dengan melihat baru yang belum anda lihat debelumya, biasanya ini akan menyebabkan emosi lebih netral, dan yang ada hanyalah fikiran yang jernih. Dengan bagitu kemungkinan anda dengan mudah akan dapat menemukan imajinasi didalam hati dan fikiran anda sekaligus didalam perkembangan imajinasi tersebut.


Jangan Mencari Imajinasi Pada Saat Keadaan Lapar


Ketika seseorang dalam keadaan lapar, biasanya pada saat itu juga pengolahan emosi dalam hati mereka akan berbeda daripada saat keadaan perut pas ataupun kenyang. Mungkin ketika anda membaca ini seakan-akan tulisan ini berisi candaan saja, namun pada kenyataannya ketika manusia dalam keadaan lapar, pada saat itu juga mereka tidak akan dapat berfikir jernih dan akan lebih mendahulukan nafsunya. Hal inilah yang akan menyebabkan imajinasi dalam fikiran kita menjadi terhambat dan akan sangat sulit untuk diimplementasikan. Maka dari itu akan lebih baik ketika anda hendak  ingin membuat suatu kara desain grafis ataupun desain lainnya, alangkah baiknya jika anda melalakukannya disaat perut anda dalam keadaan pas ataupun kenyang. Namun jangan sampai perut anda dalam keadaan kekenyangan, karena hal ini dapat menyebabkan oksigen yang akan disetor kedalam otak akan terhambat dan akhirnya terjadi kantuk yang berlebih.


Jangan Terburu-buru


Dalam hal apapun itu ketika anda mengejarkannya dalam keadaan terburu-buru, hal tersebut akan menyebabkan pekerjaan yang anda kerjakan tidak akan terselesaikan dengan baik. Begitu juga ketika dana sedang mengembangkan ide pada imajinasi anda, kaetika pengembangan imajinasi dikerjakan secara terburu-buru, secara otomatis anda akan cepat puas dengan apa yang ada, dan tidak ingin mengembangkannya lagi hingga menciptakan ide dan karya yang maksimal. Padahal untuk menciptakan karya yang luar biasa itu dibutuhkan waktu dan pemikiran yang tidak sebentar, dan hal ini juga diperlukan kesabaran yang lebih besar. Maka dari itu akan lebih baik jika anda tidak terlalu terburu-buru dalam pengembangan imajinasi yang dimana akan menjadi cikal-bakal dari karya anda nantinya.


Tentukan Urutan Pengembangan Imajinasi


Dalam mengembangkan imajinasi memang tidaklah sesingkat dan semudah yang difikirkan banyak orang, bahkan untuk mengembangkan imajinasi dalam fikiran itu diperlukan banyak pengalaman dan pantangan. Termasuk juga dalam proses pengambangan imajinasi itu sendiri yang harus melewati tahap demi tahap untuk mencapai hasil akhir yang akan dijadikan sebuah karya. Dibawah ini adalah urutan pengembangan imajinasi versi Mental PC yang mungkin perlu untuk anda coba:
  • -          Tentukan Tema Desain
  • -          Tentukan Objek Utama dari Tema
  • -          Tentukan Makna Desain Anda (Jika diperlukan)

Yang pertama yaitu menentukan Tema desain yang ingin anda tentukan, karena penentuan tema adalah hal yang peting dan hal yang sangat mendasar ketika anda hendak ingin membuah sebuah desain. Dan setelah anda sudah menemukan tema yang ingin anda pasang pada tema anda, selanjutnya anda akan dapat dengan mudah mengembangkan ide awal tersebut.

Yang kedua yaitu penentuan objek utama dalam sebuah desain yang diamana akan menjadi rangkaian awal dari sebuah karya. Maksudya yaitu misalkan anda akan membuat sebuah karya desain dengan tema “Cinta Alam”, maka anda bisa menggunakan objek utama berupa pohon,  daun, gunung dan objek alam lainnya. Dengan setelah menemukan objek utama dari desain anda, maka selanjutnya anda akan dengan mudah mendapatkan grafis yang ingin anda kembangan dari objek utama tersebut, entah itu dengan sebuah garis, grafik, ataupun tulisan.

Dan pengambangan yang terakhir yaitu anda tinggal menentukan warna dasar dan warna tambahan yang akan anda oasangkan pada desain yang ingin anda buat. Untuk pengembangan warna anda bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Teknik Memadukan Warna.

Dari ketiga tips diatas, semoga ketiga tips tersebut dapat memberikan kemudahan kepada anda untuk selalu berkarya lebih baik agi dari sebelumnya. Sebenarnya setiap tips dan trik dalam desain, anda bisa menemukannya sendiri melalui banyak-banyak pengalaman dalam mendasain, mungkin anda bisa membantu teman anda yang ingin membuat desain ataupun selalu ikut berpatisipasi dalam perlombaan desain entah itu dilingkup dunia nyata ataupun dalam dunia maya/online. Karena itu kita harus kembali ada diri kita sendiri, seberapa besarkah usaha yang kita lakukan selama ini, apakah sudah maksimal, setengah-setengah ataupun bahakan kita masih bermalas-malasan dalam mengembangkan potensi diri.

Itulah mungkin sedikit tips dan trik yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang dapat kami bagikan kali ini dapat memberikan tambahan wawasan. Terima kasih anda sudah mengunjungi blog kami di Mental PC, dan semoga apa yang dapat kami bagikan ini dapat membantu anda dalam bagaimana cara menemukan ide kreatif dalam desain grafis dengan cepat dan mudah. Jangan lewatkan untuk mengisi kolom komentar anda dengan segala pertanyaan ataupun anda ingin memberikan Kritik dan Saran yang bersifat membangun, karena dengan kritik dan saran tersebut, itulah yang akan membuat blog kami menjadi blog yang semakin hari semakin membaik tentunya. Dan kami memohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan kata, ejaan, tanda baca, dan lain-lain. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya, karena masih banyak sekali info, tips, dan trik mengenai informasi seputar teknologi informasi dimasa kini.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda sudah mengunjungi blog saya, bila ada kendala ataupun kritik dan saran, silahkan isikan dikolom komentar.