Menu

Sunday 14 August 2016

5 Kontrol Cerdas Microsoft Word



Microsoft Word merupakan perangkat lunak yang sangat berperan dalam pengolah kata yang biasanya digunakan sebagai pembuat dokumen berupa catatan, soal, tugas kuliah, dan bentuk hasil kerja berupa teks lainnya. Microsoft Office Word biasanya juga menjadi sebuah pembelajaran awal untuk mereka yang ingin mengenal dunia komputer dan nol hingga menjadi mahir, karena banyak sekolah-sekolah yang dimana sekarang sudah menjadikan software yang satu ini sebagai standar kelulusan siswa pada materi teknologi informasi dan komunikasi.
Namun tahukah anda bahwa dalam Microsoft Office Word sendiri sebenarnya menyediakan sebuah kontrol lanjutan yang terletak pada kompinasi tombol Ctrl. Diantara banyaknya pengguna microsoft word sekarang ini mungkin sudah banyak dari mereka yang sudah menggunakan cara ini sebagai cara cepat dalam menyelesaikan tugas yang sesuau dengan profesi mereka, entah itu guru, pelajar, mahasiswa, jasa pengetikan dan lain-lain. Pada artikel kami kali ini, kami akan membuka sebuah rahasia dari kontol Ctrl pada Microsoft Word yang sangat berguna namun sayangnya sangat minim sekali atau sangat jarang sekali diketahui oleh para pengguna Microsoft Word. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan anda baca artikel kami dibawah ini tentang 5 Kontrol Cerdas Microsoft Office Word.



Berikut ini adalah beberapa kontrol yang sangat bermanfaat untuk pengguna Microsoft Office Word:

Ctrl + [] Perbesar dan Perkecil Font

Ketika anda hendak memperbesar ataupun memperkecil font ketikan anda secara cepat dan akurat, anda bisa menggunakan Kontrol cerdas yang satu ini, yaitu dengan cara block kalimat atu kata yang ingin diperbesar, setelah itu tekan tombol Ctrl + [ ].


Penggunaan Klik 2x dan Klik 3x

Klik 2 kali dapat anda gunakan ketika anda ingin menge-block satu kata dari sebuah susunan kalimat, dan untuk Klik 3x sangat berfungsi ketika anda ingin menge-block satu kalimat dari beberapa susunan paragraf.

Menyalin Format Teks

Pada tips ini yang perlu anda ketahui adalah menyalin format teks, bukan berarti menyalin teks itu sendiri. Namun menyalin format teks tersebut maksudnya adalah hanya menyalin format teksnya saja, format sendiri bisa berupa teks tebal, miring, atau bergaris bawah. Menyalin format teks dapat anda coba dan lakukan dengan cara block terlebih dahulu font yang ingin anda, selanjutnya tekan tombol Ctrl + Shift + C lalu block lagi teks lain yang ingin anda berikan format yang sudah anda copy tersebut  dengan menekan Ctrl + Shift + V, setelah itu lihatlah apa yang akan terjadi.

Pointer Berpindah Cepat

Perpindahan cepat pointer dapat anda lakukan dengan cara memanfaatkan tombol Home, Page Down, Page Up, End. Pemanfaatnya sebenrnya cukup sangat mudah, anda tinggal kombinasikan saja semua tombol tersebut dengan menggunakan Ctrl saja.

Teknik Menghapus Cepat

Teknik menghapus dengan cepat, anda dapat menggunakan tombol cepat berikut ini:

Ctrl +  Delete
Shift + Home
lalu Delete
Shift + End
lalu Delete
Ctrl + Arah
lalu Delete


Itulah sedikit tips yang dapat kami bagikan untuk anda yang sangat familiar dengan software Microsoft Word, semoga apa yang dapat kami bagikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua yang sedang belajar dan mendalami ilmu seputar teknologi komputer. Terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung di Blog MentalPC, jangan lewatkan untk mengisikan kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini dengan beberapa ulasan mengenai kritik, saran, ataupun bilamana ada hal yang kurang jelas yang ingin anda tanyakan terkait artikel kami diatas. Tetap kunjungi terus blog kami, dan Klik Follow agar anda dapat selalu mendapatakan informasi, dan artikel kami secara up to date.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda sudah mengunjungi blog saya, bila ada kendala ataupun kritik dan saran, silahkan isikan dikolom komentar.