Menu

Saturday 23 July 2016

Tips Belajar Desain Grafis untuk Pemula



Dalam belajar desain grafis, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan sebelum memulai pembelajaran pada tahap yang lebih tinggi. Selain agar ilmu yang didapat lebih dapat diserap dengan baik, harapannya dengan memperhatikan dan mengamati beberapa hal tersebut, mungkin anda sebagai orang yang akan belajar desain grafis juga akan lebih cepat meresapinya dan andapun juga dapat mengembangkannya dengan mudah.
Dan sebenarnya untuk mempelajari desain grafis itu sendiri memang tidak semua orang bias melakukannya dengan baik, akan teteapi hanya orang-orang tertentu saja yang pada dasarnya memiliki vakat alami lalu disusul dengan keinginan yang bulat dan tekad yang kuat. Karena secara otomatis ketika anda selesai belajar desain grafis, anda tidak semata-mata mendapatkan satu skill saja, melainkan anda akan mendapatkan beberapa skill termasuk pemrograman komputer dan seni grafis itu sendiri. Pada artikel kami kali ini, kami akan memberikan tips dan trik untuk anda yang baru saja mengenal dunia desain grafis melalui artikel kami tentang Tips Belajar Desain Grafis untuk Pemula.


Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan ketika anda hendak ingin belajar desain grafis:

Gunakan Modul saat Belajar


Penggunaan modul memang sangatlah penting, terutama untuk anda yang memang masih memiliki pengetahuan sangat awam dalam hal desain grafis. Karena dengan membaca modul inilah seseorang yang ingin belajar desain grafis akan mudah memahami macam –macam pengertian dari dasar hingga puncaknya. Selain anda membaca materi yang telah disediakan dalam modul, anda juga harus membaca semua motivasi-motivasi yang biasanya telah diselipkan dalam beberapa materi, hal ini bertujuan agar disaat anda belajar desain grafis dan disitu anda merasakan kabosanan yang luar biasa, maka rasa bosan tersebut akan luntur ketika anda membaca motivasi yang diberikan oleh modul tersebut.
Berbeda ketika anda hanya mengacu pada artikel dalam internet ataupun video dalam youtube, yang dimana anda tidak akan menemukan banyak motivasi yang dimana hal ini akan menyebabkan kebosanan belajar, dan pada akhirnya anda akan berputus asa dalam mendalami desain grafis. Dan akan lebih baik lagi jika anda memadukan teknik pembelajaran internet dengan modul dengan kolaborasi yang sudah anda buat dengan sendirinya.


Jangan Malu untuk Meniru (Jika Masih Belajar)


Sangat tidak masalah bilamana anda munggunakan cara ini untuk menunjang kemampuan anda dalam hal pengetahuan standar desain grafis. Karena semu orang pun dan dalam bidang apapun dapat dipastikan bahwa mereka belajar dari awal dengan mengunakan teknik meniru yang lebih senior. Maka dari itu untuk anda yang baru saja belajar desain grafis, dan masih belum dapat menemukan ciri khas karya pribadi ataupun masih sangat bingung untuk menciptakan suatu karya, anda harus menggunakan cara ini tanpa ada rasa malu sedikitpun. Namun ketika anda sudah cukup menguasai ilmunya, akan sangat tidak baik jikalau anda tetap menggunakan cara ini untuk kepentingan pribadi anda, karena dalam jangka pendek ataupun panjang dikedepannya, anda pasti akan merasakan dampak negatif dari tingkah anda tersebut yaitu yang selalu ingin membuat produk KW.


Tumbuhkan Semangat Kompetisi


Menumbuhkan semangat kompetisi akan sangat sulit apabila anda belum yakin dengan apa yang sudah anda miliki sekarang. Dalam arti semangat kompetisi akan tumbuh ketika anda sudah pernah mengalami kekalahan dan kemenangan. Dan cara termudah untuk menumbuhkan semangat kompetisi yang ada pada diri anda yaitu dengan cara rajin berpasitipasi disetiap ada penyelenggaraan sayembara/lomba desain grafis, entah itu melalui media masa seperti internet ataupun kompetisi yang diselenggarakan oleh umum. Dengan partisipasi anda inilah yang nantinya akan menumbuhkan wawasan melalui pengalaman anda diwaktu kompetisi, bias saja anda mendapatkan pelajaran dari pengelaman melakukan kesalahan, ataupun belajar membaca pikiran dan imajinasi dalam diri sendiri secara menyeluruh. Tumbuhnya semangat kompetisi juga dapat menjadikan seseorang menjadi lebih leluasa dalam mengembangan ide-ide kreatif yang mereka miliki.



Pandanglah yang Lebih Handal Sebagai Koreksi


Sebelumnya mungkin anda sudah pernah mendapatkan motivasi guru ataupun orang tua anda, yang dimana anda selalu dimotivasi agar selalu memandang keatas ketika anda hendak mengukur dan membandingkan ilmu yang sudah anda peroleh. Dengan demikian anda secara otomatis akan terpacu untuk terus menjadi lebih baik dari orang yang anda bandingkan tadi.
                Dan janganlah anda memandang kebawah ketika anda ingin mengukur dan membandingkan wawasan yang anda miliki. Karena hal tersebut akan membawa keburukan untuk diri anda sendiri dan bukan orang lain. Hal ini disebabkan karena anda tidak akan menginstropeksi diri anda sendiri disaat anda sudah merasa lebih baik daripada seseorang yang anda bandingkan sebelumnya. Maka dari itu akan lebih baik jika anda selalu mengukur kemampuan anda dengan teman anda yang anda anggap lebih pandai daripada anda, dengan begitu anda akan cepat mendapatkan sesuatu yang baru ketika sedang menjalani proses pembelajaran, tek terkecuali dalam desain grafis.


Jangan Mudah Puas Dengan yang Ada


Ketika seseorang ingin menciptakan sesuatu yang meiliki nilai jual yang tinggi, dapat dipastikan bahwasanya orang tersebut akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk mencapainya. Selain mengerahkan seuruh kemampuan, sifat yang perlu ditanamkan yaitu sifat tidak mudah puas akan hasil yang biasa-biasa ataupun hasil yang ada, sebelum seseorang tersebut sudah merasakan usaha yang maksimal dari dalam dirinya. Jika sifat ini sudah anda tanamkan dalam diri anda, maka dapat dipastikan anda akan dapat menciptakan sebuah karya denga kualitas yang tinggi dan tentu saja lain daripada yang lain.


Rajin Autodidack


Kemampuan Autodidack memang sangatlah sulit untuk dikembangkan oleh seseorang yang sedang belajar desain grafis. Karena kebanyakan desainer pemula biasanya mereka lebih mengandalkan ilmu dari dalam sekolah disbanding ilmu dar hasil Autodidack. Padahal kebanyakan dari mereka yang sudah menyandang kesuksesan, itu semua bisanya diambil dari ilmu yang mereka dapatkan sendiri dan bukan melalui pelajaran disaat mereka sekolah. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya imu Autodidack itu lebih berkualitas dan labih mahal dibandngkan dengan ilmu dari dalam kelas. Karena tidak semua ilmu Autodidack ada dalam buku modul ataupun buku panduan lainnya, begitu pula dengan ilmu desain grafis. Jika anda dapat ber-eksperimen dalam hal ini (desain grafis), maka dimasa kedepan anda akan  dapat menciptakan suatu karya desain grafis yang dimana memiliki ciri khas diri anda sendiri.

Dan itulah beberapa tips yang dapat kami berikan kepada anda, terkhusus bagi anda yang baru saja mendalami ilmu dasain grafis. Tetap semangat dan jangan menyerah untuk tetap terus menambah wawasan anda tentang seputar dunia computer. Semoga apa yang dapat kami bagikan kami ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lewatkan untuk tetap terus kunjungi halaman kami di Mental PC, karena masih ada sejuta artikel terkait tentang tips dan trik menarik lainnya, yang tentunya juga dapat bermanfaat untuk anda semua.

Jangan lupa untuk mengisi kolom komentar dengan berbagai ulasan, dengan begitu anda bisa memberikan kritik, saran, ataupun anda juga dapat memberikan pertanyaan terkait artikel kami diatas jika ada yang belum jelas ataupun yang lainnya.karena dengan kritik dan saran yang berikan tersebut sengatlah bermanfaat guna untuk pengembangan, dan agar Mental PC dapat mencapai kualitas yang lebih baik lagi dari waktu-kewaktu.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda sudah mengunjungi blog saya, bila ada kendala ataupun kritik dan saran, silahkan isikan dikolom komentar.